Peralatan Membuat Komik

Kali ini saya akan membuat postingan tentang peralatan yang digunakan untuk membuat komik. Silakan disimak dengan seksama.
1. Kertas HVS


Kertas, sudah pasti paling dibutuhkan karna menggambar tanpa kertas itu tidak mungkin kan. Untuk mangaka/komikus pro biasanya menggunakan kertas ukuran B4 atau kertas khusus. Tapi kalo untuk pemula saya sarankan untuk menggunakan kertas ukuran A4 saja.
2. Pensil


Pensil, ini juga benda yang paling dibutuhkan dalam membuat komik, sehebat apapun kamu dalam menggambar pasti tetap membutuhkan pensil :v. Pensil digunakan untuk membaut sketsa sebelum kamu membuat Line, dalam membuat sketsa dengan pensil kamu bisa menggunakan pensil mekanik (lebih tipis) atau pensil HB (kenapa HB ?, karna lebih mudah di hapus dari pada 2b).
3. Penghapus

Dimana ada Pensil disitu ada penghapus, itu karna mereka saling membutuhkan. Kalo penghapus bisa pakai penghapus apa saja, mau yang baru atau bekas adek, dll. yang penting bisa menghapus.
4. Penggaris

Penggaris juga salah satu benda yang dibutuhkan dalam membuat komik. Terutama dalam membuat Background kota. Saran saya gunakanlah penggaris panjang berukuran 30cm atau lebih. kalau punya uang lebih bisa membeli penggaris dengan berbagai macam bentuk.
5. Pulpen

Pulpen biasa digunakan untuk membantu membuat lineart. Untuk pulpen saya sarankan menggunakan pulpen Joyko, karna warnanya hitam terang dan harganya murah meriah :v
6. Drawing Pen

Inilah senjata andalan para Komikus indonesia. Drawing pen, digunakan untuk membuat Line Art. Mempunyai berbagai macam ukuran. kalau harga itu semua tergantung merk, paling murah 1 pen harganya 10rb-20rb.
7. G-pen, Maru-pen, Saji-pen
Ini juga salah satu senjata andalan para komikus indonesia dan mangaka jepang. G-pen, Saji-pen, Maru-pen (Kiri-kanan), beda jenis beda juga hasil goresannya. Untuk harga cukup murah kok, dulu sya beli 1 set berisikan G-pen, Maru-pen, Saji-pen masing-masing satu unit + Pen holdernya seharga 52rb. Oh ya.. jangan lupa beli Pen holdernya juga ya, jangan cuma beli mata pennya aja :v.
8. Kuas + Tinta Hitam


Kuas dan Tinta digunakan untuk Inking. Tinta hitam kamu bisa menggunakan Tinta Cina, harganya murah kok cuman 2rb/botolnya bisa didapat di toko-toko. Kalau kuas, kamu beli kuas berukuran kecil atau kalau kamu punya uang lebih bisa membeli berbagai macam ukuran.
*Tips : jika kamu tidak punya uang, tapi kamu punya kuas ukuran sedang. Bakar sedikit demi sedikit sambil di cepulkan ke air untuk membuat ujung kuas menjadi kecil. (sudah saya coba sendiri dirumah dan berhasil :v)
9. Tinta Putih

Tinta Putih Digunakan untuk membuat highlight dan menghapus bagian yang keluar garis. Tapi ini tidak harus kok, untuk membuat highlight dan menghapus bagian yang keluar itu bisa dilakukan nanti diedit di Photoshop (gratis bro dari pada harus beli tinta putih muahaalll)
10. Pensil Warna

Gak perlu dijelaskan pasti udah tau gunanya buat apaan. Tapi kebanyakan orang sudah mewarnai secara digital. Tapi kalau kamu mau mewarnai secara tradisional kamu bisa membeli pensil warna Faber Castle.
11. Komik/Manga

Ini cuma untuk referensi aja, untuk melihat contoh angel, panel, dll.
12. Tracing Table

Tracing Table yang selalu di pakai oleh komikus dan ilustrator. Tapi ini gak wajib kok, karna harganya juga mahal banget. Tapi jangan bersedih, kamu bisa membuatnya sendiri kok dengan modal meja, kaca, dan lampu + imajinasi kamu sendiri.
13. Scanner

Dan ini lah yang terakhir. Scanner, ini untuk men-Scan hasil komik kamu yang nantinya untuk di perbagus dengan photoshop. harganya cukup mahal, harga berbeda-beda di tiap daerah. tapi kalau kamu tidak punya uang untuk membeli, jangan di paksakan. kamu bisa meminja punya teman mu atau memakai jasa scan di tempat fotocopy.

Oke bro itulah peralatan yang digunakan untuk membuat komik, Kalau masih ada peralatan yang tertinggal nanti akan saya update, untuk sekarang sekian itu saja dulu. Selamat mencoba membuat komik. Jika ada pertanyaan komen saja bro nanti akan saya jawab sebisa mungking. 

Title: Peralatan Membuat Komik
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Doragon

30 comments

lha ane orangnya itu malu kak kalo mau scan ke fotocopyan kadang sih maksain diri buat nyecan :v tapi masih malu sampe sekarang.

Beli g-pen nya dimana ya ? Kalo gramedia gitu ada ?

Beli g-pen nya dimana ya ? Kalo gramedia gitu ada ?

Total biaya kira2 berapa gan?

Bagus nih..klo untk editing..program apa yg bagus y...

scaner yang bagus buat scan komik apa ya gan?
jam tangan murah

thanks untuk informasinya,

paint tool sai/PS/manga tool beb

Makasih yaaak. Saya juga lagi coba pengen ngembangin keahlian biar kae mba anisa nisfihani

Thank info nya....Ane juga pengen kembangin bakat nih

Thank info nya....Ane juga pengen kembangin bakat nih

Bro kalo komik xxx bisa ngk

Gw mau beli alat2nya cuma nanti takutnya yg punya toko alat2 sekolah kaga tau alat2nya apa aja itu bentuknya yg kaya apa

g pen di indonesia ada gak

g pen di indonesia ada gak

Mantap broo
Tapi caranya uplod komik yg kita buat gmna broo
Baru x ini dapet pencerahan alat" komik
Dari dulu bikin cukup pake pencil+penghapus...
Guw baca di ngomik bisa uplod komik yg kita buat biar dibaca para penggemar komik thanks

Cukup mendapat pencerahan, thx buat infonya!

Cukup mendapat pencerahan, thx buat infonya!

Mau tanya.. Tons pewarnaan pada komik di indonesia ada yg jual gk ya?

Ada yang tau gak? Kalau mau buat komik untuk upload di webtoon tapi pakai android itu pake applikasi apa ya? Bagi yang tau jawab ya, lagi butuh nih!

Thanks ya infonya....

Thanks ya infonya....

"Bakar sedikit demi sedikit sambil di cepulkan ke air untuk membuat ujung kuas menjadi kecil. (sudah saya coba sendiri dirumah dan berhasil". Mas perasaa kalo dibakar bulu kuas,apa tidak cepat rontok ?

sebelumnya makasih nih atas infonya

Gan, kasih refenresi dong beli online dmn ?

Berfaedah.. makasih infonya

notifikasi
close