Menulis Script

Selamat Pagi/siang/sore/malam para komikus muda Indonesia.
kali ini saya akan membahas cara menulis script.
Jadi untuk kalian para penulis cerita yang akan bekerja sama dengan ilutrator komik baca sampai habis ya. Tapi untuk kalian yang membuat story dan art langkaui saja Step ini.
Menulis script komik sama sebenarnya sama dengan menulis script film menurut saya. Saya juga seorang penulis cerita tapi saya menulis script dengan gaya saya sendiri biar mudah untuk di baca dan di mengerti oleh teman saya sebagai ilustratornya. Tapi Jenis script komik ada 2 macam, yaitu Marvel Style (Plot) Script dan Full Script.
Marvel Style (Plot) Script
Adalah jenis script yang sangatlah global, boleh dibilang berupa sinopsis/plot saja. Disini peran illustrator sangatlah besar, boleh dibilang ini sutradara komiknya adalah si penggambar. 
Jenis script ini dipakai Marvel pada saat awal-awal berdirinya, dimana jumlah editorial Marvel hanya sedikit dan merangkap sebagai penulis cerita, contohnya Stan Lee. Karena banyaknya komik yang harus terbit dalam waktu yang singkat, maka beliau hanya sempat menulis synopsis cerita, kemudian penggambarnya seperti Steve Ditko (Spider-man) dan Jack Kirby (Fantastic Four) yang akan mendesain karakter, setting, action, dan lain-lain. Setelah komiknya selesai digambar, barulah Stan Lee menulis dialog yang pas untuk adegan-adegan yang sudah digambar tersebut. Jadi sampai sekarang masih diperdebatkan seberapa besar peran Stan Lee dalam penciptaan karakter-karakter Marvel, karena pada saat itu peran illustrator juga sama besarnya.
Ini contoh  Marvel Style (Plot) Script (karya alm. Dwayne Mc Duffie)

Full Script
Adalah jenis script komik yang paling umum pada saat ini, dimana penulis dan penggambar bisa saja tidak pernah saling berkomunikasi, tetapi penggambar bisa menghasilkan komik sesuai dengan apa yang ada di bayangan si penulis.Tentu saja kuncinya adalah penulisan secara detil dan jelas di dalam scriptnya. Jenis Script inilah yang akan kita bahas sekarang ini.
Itu lah 2 jenis Script yang mungkin bisa kalian contoh. tapi kalo saya sendiri lebih memilih Full Script karna lebih murah di buat dan mudah dimengerti penggambar.
Sekian Bahasan tentang menulis Script. lebih lengkapnya langsung mampir ke Thread Chris Lie Disini  
Title: Menulis Script
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Doragon

notifikasi
close